Jumat, 04 November 2011

Latihan Sub-bab Atom


Ditulis oleh Ramadhan wahyu
  1. Hitunglah energi sebuah foton yang dipancarkan dalam sebuah transisi elektron dalam ion helium monopositif dari sebuah keadaan tereksitasi dengan bilangan kuantum utama n = 2 ke keadaan dasar n = 1.
  2. Tunjukkan bahwa sebuah rotasi yang berlawanan dengan arah jarum jam dari orbital dy2 − z2 sebesar 45 derajat dalam bidang x-y akan membentuk orbital dxy. Buktikan bahwa orbital dz2 adalah terdiri dari kombinasi linier dari orbital dy2 − z2 dan dz2 − x2, yang mana ekivalen dengan orbital dx2 − y2
  3. Hitunglah jarak di mana fungsi distribusi radial untuk orbital 1s dan 2p dari sebuah atom hidrogen maksimum dan bandingkan dengan radius Bohr.
  4. Bangun fungsi gelombang dengan sebuah determinan Slater untuk sebuah konfigurasi elektron dari He di mana sebuah elektron menempati orbital 1s dengan spin α dan elektron yang lainnya menempati orbital 2s dengan spin α . Tunjukkan bahwa untuk fungsi gelombang ini probabilitas untuk menemukan dua elektron pada koordinat spasial yang identik akan sama dengan nol (probabilitas untuk menemukan elektron-elektron yang menempati orbital spasial yang berbeda dengan spin yang sama pada tempat yang sama adalah nol)
  5. Bangunlah konfigurasi elektron untuk sebuah ion I.
  6. Grup yang mana dalam tabel periodik yang memberikan nilai maksimum untuk energi (energi ionisasi kedua) yang diperlukan untuk menghasilkan ion dipositif dari ion monopositif, ketika energi-energi tersebut dibandingkan dengan sebagai fungsi dari bilangan atom? Grup mana yang akan memberikan nilai minimum? Jawablah pertanyaan ini dengan meninjau muatan inti efektif dalam daerah bilangan atomik dari 2 hingga 18.
  7. Tentukan semua fungsi gelombang untuk keadaan tereksitasi untuk keadaan tereksitasi dari He dimana satu elektron 1s dieksitasi ke orbital 2p. Tentukan term simbolnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

twitter


ShoutMix chat widget

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More