Selasa, 13 September 2011

Proses Kimia Yang lebih Aman & Efisien Dengan Jenis Reaktor Baru


Eindhoven dengan 'spinning disc reactor' nya
Peneliti di Marco Meeuwse dari Eindhoven University of Technology (TU/e) telah mengembangkan suatu reaktor kimia unik yang mereka sebut dengan ‘spinning disc reactor’. Reaktor jenis ini terdiri dari sebuah silinder yang didalamnya terdapat rotor penggerak. Reaktor tersebut di klaim dapat membuat reaksi yang melibatkan gas, padatan, atau cairan menjadi lebih aman dan efisien, terutama untuk produksi obat-obatan serta industri kimia lainnya.
Ide pembuatan spinning disc reactor ini berasal dari co-supervisor Meeuwse dr.ir. John van der Schaf sekitar lima tahun lalu dimana saat itu beliau melihat suatu proyek penelitian yang menggunakan liquid yang disemprotkan pada disc berputar dan kemudian didorong keluar dengan memanfaatkan gaya sentrifugal.
Menurut Schaa kombinasi antara disc yang berputar dengan sebuah dinding akan menciptakan suatu turbulensi yang kuat hingga memicu efisiensi suatu reaksi. Selanjutnya diapun menyuruh salah satu kandidat doktor untuk menguji hipotesis ini.
Dan apa yang terjadi saat ini? keraguannya selama ini terjawab sudah. Sebuah reaktor telah dibuat sesuai dengan harapannya dulu.
“Secara nyata reaktor ini dapat melakukan banyak pekerjaan. Dan saya yakin reaktor ini mampu melakukan hal lebih baik dibandingkan dengan reaktor konvensional yang ada saat ini, namun selama ini kami tak menyangkanya bahwa dia mampu melakukannya dengan lebih baik,” tutur Meeuwse
Secara gampangnya cara kerja reaktor ini dapat dijelaskan sebagai berikut. Gas di umpankan ke dalam reaktor melalui dasar silinder dimana sebuah disc berputar ada tepat diatasnya. Gelembung gas akan terpecah saat gas melalui liquid yang berputar yang dilaluinya.
“Semakin cepat kecepatan berputarnya maka semakin kecil gelembung yang terbentuk sehingga luar areanya akan semakin besar. Inilah yang menyebabkan konversi laju reaksinya menjadi lebih tinggi begitu pula dengan transfer massanya,” ungkap Meeuwse menjelaskan.
Meeuwse juga berhasil menyusun disc ini dalam suatu rangkaian. Tiga buah disc dengan diameter 13 cm disusun dalam satu poros. Dia mengungkapkan jika setiap disc dapat melakukan hal yang sama maka total massa yang dapat dilakukan dalam rangkaian ini akan menjadi tiga kali lebih besar dan inilah kehebatannya.
Keuntungan lain dari reaktor ini adalah dalam segi keamanannya. Menurut dia reaktor ini lebih aman sebab ukurannya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan reaktor yang umum dipergunakan.
“Manfaat lain dari reaktor ini adalah lebih aman di bandingkan dengan reaktor konvensional disebabkan ukurannya yang jauh lebih kecil, dan ini merupakan manfaat terbesar dari reaktor tersebut,” pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

twitter


ShoutMix chat widget

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More